Cara Membuat Kompos

Indonesian: Cara membuat kompos
Jepan: 堆肥の作り方
Germany: Kompost herstellen
English: how to make compost
Chinese: 如何做堆肥

Cara membuat Kompos dengan Mudah dan Cepat

Cara membuat kompos paling cepat ya dari tumpukan tanaman atau dari limbah bekas jamur merang, ini sudah jadi dan tinggal menambah unsur tambahan dari hewani misal dengan ditambah kotoran ayam atau kotoras burung puyuh. Kalau bisa kotoran burung puyuhnya yang sudah lama disimpan jadi gak perlu lama lama dalam proses fermentasinya.
Daftar Isi
Peralatan Untuk Membuat Kompos
Bahan yang diperlukan dalam membuat kompos
Cara membuat kompos organik
Cara menggunakan kompos organik
Artikel lainnya



Peralatan untuk membuat kompos organic

  • Sekop
  • Cetok
  • Plastik penutup

Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat kompos organik

  • Sisa media tanam jamur merang atau tumpukan daun daun yang sudah membusuk
  • Kotoran burung puyuh, atau kotoran ayam yang sudah lama disimpan
  • Kapur pertanian (Ca(OH)2), bisa juga CaCO3

Cara membuat kompos organic:

  1. Perbandingan campuran adalah 70% limbah bekas jamur ditambah 30% kotoran ayam, misal jika 70 kg bekas media tanam jamur merang ditambah dengan 30 kg kotoran ayam serta ditambah kapur sebanyak 0.5 kg.
  2. Aduk aduk hingga merata campuran tersebut dan ditambah air sehingga lembab bukan basah. Lembab berarti setelah ditambah air dan diaduk sampai rata kalau diperas campuran kompos tersebut tidak mengeluarkan air, jika keluar air maka terlalu basah.
  3. Tumpuk disuatu tempat sehingga menggunung dan tutup dengan plastik atau terpal. Jika ditutup dengan plastik transparan maka harus ditutup lagi dengan yang tidak tembus matahari misal terpal.
  4. Biarkan selama seminggu, setelah itu dibalik balik sambil diaduk sampai rata. Kemudian tutup kembali dengan terpal dan biarkan sampai 1 bulan. Setelah dibukan maka warna campuran sudah menjadi hitam itu tandanya kompos organik sudah jadi dan siap digunakan.

Cara menggunakan kompos organik:

  • Campur kompos organik dengan tanah kering dengan perbandingan 50% tanah kering dan 40% kompos organik, dan 10 persen sekam padi.
  • Campuran ini bisa untuk menanam cabe, terong, bayam, dan sayuran lainnya yang sesuai dengan kondisi iklim setempat.
  • Untuk menanam daun bawang dan bawang merah gunakan campuran kompos organik 30% , tanah kering 60% serta sekam padi 10% . Karena kompos agak menyerap air jika terlalu banyak kompos maka tanaman bisa busuk karena tanah terlalu basah dan susah kering. Sekam padi berfungsi untuk memberikan rongga udara sehingga tanaman mudah bernafas.
  • Untuk menanam tanpa dicampur tanah rasanya agak sulit tumbuh dengan subur karena banyak unsur unsur alkali tanah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang tidak tersedia pada kompos organik.
Artikel lainnya:

Comments